MACAM-MACAM RANGKA ATAP BANGUNAN

Bismilah..

Assalamualaikum.wr.wb

MACAM-MACAM RANGKA ATAP BANGUNAN

    Rangka atap bangunan adalah setruktur bangunan bagian atas yang memiliki fungsi sebagai pelindung bangunan dari panas dan terpaan angin secara lansung. Dalam hal ini mungkin masih banyak teman-teman yang masih kebingungan tentang macam rangka atap bangunan, maka dari itu kali ini saya mau membahasnya agar teman-teman tambah tau apa sajakah rangka atap yang sering di gunakan dalam pembangunan. Baiklah mari langsung saja kita bahas ;

  1. RANGKA ATAP KAYU ( KUDA-KUDA KAYU ) > rangka atap kayu merupakan setruktur rangka atap yang sering di gunakan pada pembangunan, namun berjalan tahun ke tahun pengunaan rangka atap kayu mulai di gantikan dengan rangka atap yang lainnya hal ini di sebabkan karna semakin mahalnya harga kayu serta proses pembuatan dan pemasangannya yang rumit.
  2. RANGKA ATAP BETON ( KUDA-KUDA BETON )> rangka atap beton merupakan rangka yang terbuat dari beton bertulang dan untuk ukurannya tergantung pada bentang bangunan. Dalam rangka atap beton ini keawetannya tergantung pada perhitungan dan jenis bahan yang di pakai, misal pembesian, campuran adukan beton ( pasir, batu koral, semen, air ). Jarak maksimal kuda-kuda beton adalah 4 m.
  3. RANGKA ATAP BAJA RINGAN > rangka atap baja ringan merupakan rangka atap yang tahun ini sangat banyak di gunakan karena harganya yang murah serta pemasangannya yang sangat cepat menjadi faktor banyaknya pemakai rangka atap baja ringan. rangka atap baja ringan terbuat dari matrial baja mutu tinggi dengan bentuk profil dengan ketebalan 0,75 s/d 1,25 mm.
  4. RANGKA ATAP BAJA KONVENSIONAL > rangka atap baja konvensional biasanya di gunakan pada bangunan yang memiliki bentang yang lebar, misalnya pabrik, gedung pertemuan atau aula. Jenis profil baja konvensional sangat banyak yang tersedia di pasaran, misal profil C, profil I, profil H, profil siku atau bentuk lain seperti pipa dan persegi. Jarak antar tiang biasanya sejauh 4-5m.
Dari penjelasan di atas kita bisa menyimpulkan bahwa setiap kontruksi rangka atap akan baik jika perencanaan dan pelaksanaan yang sesuwai dengan setandar yang sudah di tentukan pada proses pembangunan.
      Baiklah sekian pembahasan kali ini semoga bermanfaat bagi kita semua. Jika teman-teman ada hal yang mau di tannyakan silakan komen nanti saya jawab sebisa mungkin.

Wassalamualaikum.wr.wb

Related Posts:

0 Response to "MACAM-MACAM RANGKA ATAP BANGUNAN"

Post a Comment