DASAR AUTOCAD 2 DIMENSI

rangkumantekniksipil.blogspot.com 

Alhamdulilah akhirnya penulis dapat menulis artikel yang sekiranya bisa bermanfaat bagipara pemula atutocad atau untuk sodara sodara kita yang baru masuk di SMK khususnya jurusan bangunan, sedikit cerita sebelum menulis artikel ini saya membuka file yang dulu masih tersimpan dengan rapi di laptop saya yakni materi yang diberikan oleh guru saya waktu duduk di bangku Smk, yang mungkin 2 tahun yang lalu lah, dari pada tersimpan mending saya tulis lagi saja sodara agar lebih bisa bermanfaat bagi semua Aamiin….

DASAR AUTOCAD

Program Autocad adalah program yang menyediakan sarana penggambaran dengan ukuran yang sangat akurat. Berasal dari kata Auto yang berarti sendiri dan Cad dari kata Computer Aided Design. Dalam program Autocad ini terdiri dari dua program yaitu program autocad 2 dimensi dan program autocad 3 dimensi. Program Autocad 2 dimensi adalah program yang dapat memperlihatkan sumbubu X dan Y. Hanya dapat menunjukkan gambar tampak atas, tampak samping, tampak depan dan tampak belakang saja. sedangkan program Autocad 3 dimensi adalah program yang memperlihatkan semua pandangan, karena mengandung unsur ruangan. Hal ini disebabkan pada saat menggambar kita bisa memberikan perintah dalam tiga sumbu koordinat yaitu sumbu X, Y dan Z.

 SISTEM KOORDINAT

Untuk penggambaran kita mengenal 3 macam system koordinat, yaitu : Sistem koordinat Absolut, adalah system dengan format X,Y yang menggunakan titik awal sebagai titik pusat. Sistem Koordinat Relatif, adalah system dengan format @X,Y dengan menggunakan titik akhir sebagai titik awal. Sistem Koordinat Polar, adalah system dengan formasi @X

KOMPONEN AUTOCAD 2D MODE CLASIC

Baiklah disini saya menggunakan gambar yang ada pada modul aslinya yakni sudah terlihat dari autocadnya sendiri adalah autocad 2002, pasti jadul sekali ya hehehe,,,, kenapa saya tetap menggunakan ini dan tidak merubahnya ,karena saya beranggapan pada dasarnya autocad 2D dalam bentuk klasik sama, jadi saya tetap mempertahankan gambar aslinya hehee…







Dalam tampilan layar Autocad ada beberapa komponen yang harus dikenal yaitu, menubar, adalah beberapa menu utama untuk membuat perubahan dalam penggambaran toolbar, adalah sekumpulan command yang ditampilkan dalam icon yang fungsinya sama dengan menu untuk memberikan perintah dalam penggambaran UCS koordinat, berfungsi memberikan arah kepada kita dalam penggambaran yang disajikan dalam arah sumbu yang akan kita gunakan. UCS ini akan terlihat pada penggambaran 3 dimensi. Command Line, adalah sarana untuk memberikan akses pada program autocad pada saat akan memulai penggambaran. Snap,berfungsi untuk memberikan arah atau alat untuk memberikan penghapusan dan memperlihatkan keberadaan posisi mouse saat penggambaran. Status bar, adalah kolom atau table yang memberikan informasi kepada kita pada saat penggambaran Area gambar, adalah daerah tempat menggambar yang dapat dimodifikasi warnanya sesuai dengan keinginan kita. Pada menu bar terdapat pengelompokan perintah-perintah sebagai berikut:


  • File dan Edit  :berisi perintah-perintah umum seperti pada software lain yang berbasis Window
  •  View               : berisi perintah untuk mengatur tampilan, viewport dan toobar
  • Insert               : berisi perintah untuk memasukkan atau mengimpor obyek dari file atau program lainnya. 
  • Format             : berisi perintah untuk mengatur garis (warna,jenis dan ketebalan), Teks dan Dimensi
  • Tool                  : perintah yang perlu diperhatikan adalah Option. Perintah ini pada dasarnya dapat digunakan untuk mengubah nilai-nilai default (bawaan) seperti crosshair, pick point, auto snap dll. 
  • Draw                 : berisi perintah untuk membuat obyek gambar
  • Dimensi             : berisi perintah untuk membuat dimensi (ukuran)
  • Modify               : perintah untuk memodifikasi obyek terpilih 
  • Express              :Window dan Help : berisi perintah-perintah pelengkap 


PENGATURAN PENAMPILAN GAMBAR

Memasukkan perintah Autocad Untuk memasukkan perintah dalam autocad ada beberapa macam cara,
 yaitu : Mengetik perintah pada command line dengan keybord Contoh: membuat garis



Command: line > (enter)  Specify first point (tentukan titik awal) : klik titik awal garis
Specify next point (tentukan titik selanjutnya ) : kik titik garis selanjutnya
Selain itu ada cara yang lain seperti

>MENG-KLIK PADA MENU BAR

Seperti pada gambar dibawah




  •  MENG-KLIK PADA TOOLBAR 

Seperti pada gambar dibawah















ZOOM







Zoom adalah perintah untuk memperbesar atau memperkecil gambar sesuai dengan penampilan yang diinginkan. 

 Toolbar zoom : 


zoom windows : menampilkan gambar dengan kotak jendela
zoom dinamyc : memberikan gambar yang diatur dengan kotak jendela 
 zoom scale : menampilkan gambar dengan memasukkan skala 

zoom realtime : memperbesar atau memperkecil penampilan gambar dengan menggeser                                                  crosshair
zoom in : memperbesar penampilan gambar sebanyak 2x dari semula
zoom out : memperkecil penampilan gambar ½ x dari semula 

 zoom all : menampilkan seluruh tampilan gambar yang terletak dalam batas bidang kerja

zoom previous : mengembalikan penampilan gambar ke penampilan sebelumnya





Selain dengan menggunakan toolbar zoom, kita juga dapat memasukkan perintah dengan menggunakan command line. Contoh :

 Zoom all : Command : Z (enter)

Maka akan muncul perintah lagi seperti dibawah ini ,kita diberikan pilihan untuk memilih zoom yang ingin kita gunakan , semisal disini saya gunakan All ,maka kita tinggal ketik perintah enter.
Specify corner of window, enter scale factor (nX or nXP) or [All/Center/Dynamic/Extents/Previous/Scale/Windows] : a (Enter) 

 Menggeser Gambar 

 Untuk menggeser gambar sesuai dengan yang kita inginkan dapat menggunakan toolbar maupun command line. 

Menggunakan toolbar: 
Kita pilih gambar yang seperti ini:

berfungsi untuk menggeser tampilan gambar dengan crosshoir yang menjadi seperti pada gambar diatas. 

Untuk menggunkan Command, 
command : P (Enter) penggunaannya (klik pada layar, tahan jangan dilepas dan geser) Klik ESC pada keybord atau Enter untuk keluar dari perintah ini. 

Fungsi Tombol Keyboard 

 Pada keybord ada beberapa tombol yang dapat digunakan untuk memberikan perintah pada penggambaran Autocad. 

ESC : Membatalkan perintah 
F1 : HELP 
F2 : Auto Cad Text Windows (ON/OFF) 
F3 : Osnap (ON/OFF) 
F4 : Tablet (ON/OFF) 
F5 : Isoplane (Top/Right/Left) 
F6 : Coordinate (ON/OFF)
F7 : Grid (ON/OFF) 
F8 : Ortho (ON/OFF) 
F9 : Snap (ON/OFF) 
F10 : Polar (ON/OFF) 
F11 : Object Snap Tracking (ON/OFF) 

 Perintah cepat 

Perlu diketahui huruf yang terdapat pada awal perintah autocad merupakan perintah singkat dari perintah tersebut. 

Contoh : perintah line cukup ketik L, 
(DLL)

Menyimpan gambar : 

dibiasakan menyimpan dalam foder file agar dalam pencarian file lebih mudah dan teratur Contoh : Klik File> Save As > Cari lokasi dimana file akan disimpan (misal D: ) > Buat folder baru dengan nama anda > ketik nama file > klik save

Mengenal Grid, Ortho & Snap 

 Perintah-perintah Grid, Ortho dan Snap berada pada status bar di bawah area gambar.

Grid

 Adalah perintah untuk menampilkan grid (titik-titik Bantu) pada limit bidang gambar. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan grid dapat menekan F7 pada keybord, atau klik grid pada status bar.
Mengatur jarak grid :
Command : grid (enter) Specify grid spacing (X) or [ON/OFF/Snap/Aspect] <1 .0000=""> : 10 (Enter) 
Maka Grid telah diatur dengan jarak masing-masing 10 unit drawing. 


Ortho 

Adalah perintah yang digunakan untuk membatasi gerakan crosshair hanya kearah vertical dan horizontal saja. Jika ortho on maka crosshair tidak dapat bergerak miring.

 Snap 

 Adalah perintah untuk mengatur gerakan crosshair dengan jarak tertentu. Untuk mengaktifkan dan menonaktifkan grid dapat menekan F8 pada keybord, atau klik snap pada status bar.

 Mengatur jarak snap :

 Command : snap (enter) Specify snap spacing or [ON/OFF/ Aspect/Rotate/Style/Type] <1 .0000=""> : 10 (enter) Jadi apabila kita melakukan perintah snap, maka crooshair akan bergerak langsung sejarak 10 unit drawing.

Object Snap 

 Adalah perintah yang dapat membantu menempatkan titik secara akurat pada suatu obyek yang dituju. Ada 2 cara penggunaan obyek snap, yaitu: bersifat sementara dengan menggunakan toolbar object snap



a. end point : menempatkan kotak osnap oada akhir obyek
b. mid point : menempatkan kotak osnap oada titik tengah obyek
c. center : menempatkan kotak osnap oada titik center lingkaran
d. node : menempatkan kotak osnap oada suatu titik
e. quadrant : menempatkan kotak osnap oada titk kuadrant lingkaran
f. intersection: menempatkan kotak osnap oada titk persilangan
g. perpendicular : menempatkan kotak osnap tegak lurus terhadap objek
h. tangent : menempatkan kotak osnap oada titk singung objek
i. nearest : menempatkan kotak osnap oada titk terdekat objek
bersifat permanent, terlebih dahulu harus disetting melalui drafting setting.

Setting object snap : Command : OS (Enter) atau command : DS (enter)
Klik object snap > klik kotak-kotak pilihan snap yang diinginkan Klik> OK


SISTEM SUDUT 

Sistem sudut yang digunakan pada system penggambaran dalam Autocad didasarkan pada perputaran arah jarum jam. Arah putaran sudut yang berlawanan arah putaran jarum jam adalah sudut positif. Arah putaran sudut yang searah dengan arah putaran jarum jam adalah sudut negative. PENGGAMBARAN OBYEK 

 TOOL BAR DRAWING


Line : membuat garis lurus
Construction line : membuat garis konstruksi (untuk garis Bantu)
Multiline : membuat garis lurus yang sejajar dengan jarak tertentu
Polyline : membuat dan menggabungkan beberapa macam garis yang saling menyambung (baik lengkung maupun lurus)
Polygon : membuat gambar segi banyak
Rectangular : membuat gambar segi empat
Arc : membuat gambar lengkung

Circle : membuat gambar lingkaran
Spline : membuat gambar lengkung yang saling menyambung
Ellipse : membuat gambar ellipse
Ellipse Arc : membuat gambar lengkung ellipse

Insert block: menyisipkan gambar dari luar ke dalam drawing area
Make block : Membuat gambar sisipan
Point : Membuat titik pada obyek
Hatch : Membuat arsiran pada obyek

Region : Menentukan suatu luasan obyek
Multiline text : Membuat teks (keterangan) (ENTER)

Membuat Garis (Line) 

(Garis dengan sudut)

Dengan menggunakan toolbar Klik toolbar line First point : klik bebas untuk titik pertama Next point : (ketik) 10<45 (enter) Next point : (ketik) 10<315 Enter) Klik titik awal (enter) dan (enter untuk mengakhiri)

















Contoh menggunakan command line :






Membuat Persegi Empat
Dengan menggunakan command line







Dengan menggunakan toolbar



Klik toolbar rectang > First corner (klik sembarang titik) > Other corner: ketik @10,5 (enter)Dengan menggunakan menubar Klik menu bar Drawing > rectangle > First corner (klik sembarang titik) > Other corner: ketik @10,5 (enter)

 Membuat Lingkaran 

 Dengan menggunakan command line Atau klik C saja kemudian (enter)







Dengan menggunakan toolbar



Klik toolbar rectang >First corner (klik sembarang titik) >Other corner: ketik @10,5 (enter)
 Dengan menggunakan menubar
Klik menu bar Drawing>  rectangle>  First corner (klik sembarang titik)>  Other corner: ketik @10,5(enter)  

MODIFIKASI OBYEK

Toolbar Modify :


























KETERANGAN:


  1.  Erase : Menghapus object 
  2.  Copy object : Mengcopy object (menggandakan object) 
  3.  Mirror: Mencerminkan object ke beberapa tempat
  4.  Offset: Menyalin object secara parallel 
  5.  Array : Menyalin object dalam jajaran segi empat/polar 
  6.  Move : Memindahkan object ke tempat lain 
  7.  Rotate: Memutar object searah sudut polar 
  8.  Scale : Mengubah ukuran object dengan menggunakan perbandingan 
  9.  Strecth: Merentangkan object menjadi lebih panjang/lebar 
  10.  Lengthen : Memperpanjang object garis/lengkung 
  11.  Trim : Memotong sebagian object garis/lengkung 
  12.  Extend : Memperpanjang object garis/lengkung 
  13.  Break at Point : Memotong sebagian object gambar pada titik tertentu 
  14.  Break : Memotong sebagian object gambar (contoh:segi empat) 
  15.  Chamfer : Menghubungkan dua object garis dengan suatu segmen garis(garis miring) yang telah ditentukan jaraknya 
  16.  Fillet : Menghubungkan dua obyek garis,busur atau lingkaran dengan suatu busur yang jari-jarinya telah ditentukan. 
  17.  Explode : Memecah satu kesatuan object menjadi object yang lebih kecil (contoh: rectangle dipecah menjadi garis)

Nah, untuk memperjelas ulasan diatas maka, untuk cara menggunakannya atau pengaplikasiannya adalah sebagai berikut:

 1.         Erase 

Command : E (enter) Select object : (Enter) Atau Klik Modify > Erase 

 2.         Copy object

 Command : CO atau CP (Enter) 
Select object : <klik object yang akan disalin>(ENTER) 
Specify base point or displacement, or [Multiple] : <klik titik dasar object / titik acuan>
Specify second point or displacement, or<use firts point as displacement> : <klik titik untuk menempatkan salinan object  : (ENTER) 

[Multiple] digunakan untuk menyalin object menjadi banyak 

 3.           Mirror 

Command : MI (ENTER) 
Select object :<klik object yang akan dimirror  (ENTER) 
Specify first point of mirror line :<klik titik pertama garis pencerminan>  Specify second point or mirror: <klik titik garis kedua garis pencerminan>(ENTER) 
Delete source object [Yes/No]: N (ENTER) 

(Menghapus object awal atau tidak ?)

4.            Offset 

Command : O (ENTER) 
 Specify offset distance or [Through] <through> : <isikan jarak offset> (ENTER) 
Select object to offset or<exit>  :(klik object garis) 
Specify point on side to offset: (geser crosshair kearah yang dituju)
Select object to offset or (exit): (klik object garis)
Specify point on side to offset:(geser crosshair kearah yang dituju)  (ENTER)


5.             Array 

 Array Rectangular 
Buat object gambar terlebih dahulu.
Command : AR (ENTER)
 Select object :pilih object (ENTER) 
Enter the type of array [rectangular/polar] :R  (ENTER) 
Enter number of rows (---) 1  : isikan jumlah baris  (ENTER) 
Enter number of columns (lll) 1  : isikan jumlah kolom (ENTER) 
Enter the distance between rows or specify unit cell (---) : isikan jarak antar baris (ENTER) 
Secify the distance between columns (lll) : isikan jarak antar kolom  (ENTER) 

Array Polar 
Buat object gambar terlebih dahulu. 
Command : AR (ENTER) 
Select object :pilih object  (ENTER) 
Enter the type of array [rectangular/polar] : P (ENTER)
Specify center point of array : klik titik center object  (ENTER) 
Enter the number of item in the array :isikan jumlah object yang akan dibuat   (ENTER) 
Specify the angle to fill (+= ccw, -= ccw) : isikan sudut penyebaran salinan object,kalau object melingkar penuh isikan 360
Rotated arrayed objects ? [Yes/No] : < isikan Y jika object diputar sesuai perputaran lingkaran atau N jika object tidak ikut diputar> (ENTER) 

 6.           Move

 Command : M(ENTER) Klik tollbar move 
Select object :klik object yang akan dipindah  (ENTER) 
Specify base point or displacement: klik titik dasar object atau acuan
Specify second point or displacement, or : klik titik untuk menempatkan  object (ENTER)

7.            Rotate 

Command : RO (ENTER) 
Select object :klik object yang akan diputar  (ENTER) 
Specify base point: klik titik dasar object atau titik acuan
Specify rotation angle or [Reference] :ketik berapa sudut perputarannya  (ENTER)


8.              Scale

 Command : SC (ENTER)
Select object :klik object yang akan diubah (ENTER) 
Specify base point: klik titik dasar object / titik acuan 
Specify scale faktor :ketik beberapa scala faktor perubahannya  (ENTER) 

 Contoh : Diperbesar 2 x < diisikan scale factor = 2 > 
                Diperkecil 0.5 x < diisikan scale factor = 0.5 >

9.              Strecth






















Command : S (ENTER)
 Select objects to strectch by crossing-window or crossing-polygon …
Select objects: klik titik pojok pertama object yang akan direntangkan  (Klik titik 1 ) (ENTER) Specify opposite corner :klik titik pojok kedua object yang akan direntangkan  (Klik titik 2 (ENTER) 
Select objects: (ENTER) 
Specify base point or displacement :klik dasar object / titik acuan  (klik titik 3) (ENTER) 
Specify second point or displacement, or : use first point as displacement (ENTER)
merentangkan object (ENTER)

10.      Lengthen










Contoh di atas adalah bila kita ingin memanjangkan garis dengan menambahkan panjang pada garis tersebut sepanjang 2 unit.

11.         Trim
















Pada select object, klik object pemotong terlebih dahulu.

Kemudian klik garis-garis object yang akan dipotong. Jika garisnya tidak berpotongan dengan garis pemotong maka object tidak akan dapat ditrim.


12. Extend






















13.           Break at Point

Klik toolbar break at point
select object : (pilih object yang akan dibagi 2)
specify second break point or [first point]: F 
specify first break point : klik titik dimana garis akan dibagi
specify second break point >ENTER 

 14.           Break 

Klik toolbar break select object : klik titik pertama dan titik kedua object yang akan dibagi  ENTER 

>Pada perintah break at point object yang akan terbagi menjadi 2(dua) tetapi object tidak akan hilang sebagian, hanya terpisah saja. Sedangkan pada perintah break, object pemotong akan hilang yaitu object yang dibatasi oleh titik pertama dan titik kedua .: segmen garis(garis miring) yang telah ditentukan jaraknya

15.    Chamfer

klik garis pertama dan klik garis kedua
16.    Fillet

























Klik garis pertama dan klik garis kedua

17.     Explode

Command : x (enter)
Select object :klik object yang akan dipecah atau explode  (Enter) 

{maka object sudah tidak dalam satu kesatuan lagi tetapi terpecah-pecah menjadi bagian-bagian yang terkecil pada object} 

 Baiklah sekian disini dulu untuk dasar autocad 2Dimensi , tunggu pembahasannya selanjutnya. Bila ada hal yang kurang jelas dapat ditanyakan melalui komentar dibawah , atau terdapat kata kata/tulisan yang kurang mohon kritik dan saranya guna perbaikan, dan manfaat untuk kita semua 
Aamin. 

 Terima kasih

Salam Sipil

Related Posts:

0 Response to "DASAR AUTOCAD 2 DIMENSI"

Post a Comment