Domain Blogspot.com berubah menjadi Blogspot.co.id

Ketika saya menjelajahi blog untuk mencari tugas kuliah ternyata ada yang aneh kok jadi Blogspot.co.id bukan Blogspot.com dan ternyata hampir semua blog yang di indonesia mengalaminya, entah saya blog saya malah blogspot.in bukan blogspot.co.id.. mungkin bahasanya :D
Beruntung sekali yang sudah berdomain TLD.. karena masih utuh tidak berubah :D

lalu apa efeknya pada blog di domain .blogspot.co.id?
  1. Kemungkinan besar, akan terjadi banyak dead link terutama jika anda pada artikel yang sebelumnya memeberikan backlink kepada ekstenstion lama pada blogspot.com sebaiknya segera di rubah.
  2. Terkait dengan point yang pertama, disinyalir ada pengaruh juga pada internal link. Walau saya belum melakukan pengecekan, tapi kalau benar terjadi, maka saya yakin hal itu bersifat sementara seperti layaknya iklan Adsense yang tidak muncul. Saya punya keyakinan ini karena proses redirect manual sulit dilakukan pemilik blog dengan posting artikel ratusan.
  3. Pagerank N/A. Jika sebelumnya blog anda dengan free domain blogspot.com memiliki PR tinggi, maka dengan perubahan ini menjadi N/A. Jika situs anda sebelumnya merupakan blog personal mungkin tidak jadi masalah. Tetapi jika blog tersebut digunakan media link building, maka efek backlinknya setara dengan backlink dari situs baru. 
  4. Dipastikan PA dan DA pasti berubah. Sama seperti pada perubahan pagerank, kondisi blogspot yang berubah ekstensi ini tetap dianggap sebagai blog baru oleh MOZ. Jadi ya, anda harus membangun authority mulai dari nol.
  5. Adsense lenyap. Jika akun google adsense yang anda miliki masih berstatus hosted, maka iklan Google Adsense lenyap.
  6. Terjadi perubahan posisi SERP terutama artikel berkualitas yang sebelumnya di halaman satu dari sub domain blogspot.com. Perubahan ke ekstensi blogspot.co.id menghendaki adanya crawl ulang oleh robot spider google. Mungkin untuk yang goofle, tidak jadi masalah. Bagaimana dengan indeks bing atau yandex? Tentu ini petaka.
  7. Selain itu efek digantinya alamat tersebut bisa dibayangkan milyaran index di yahoo, bing dan mesin pencari lainnya juga akan berubah sesuai dengan negaranya masing-masing.


jika anda bingung mengubahnya menjadi .com ada caranya loh... cuman saya belum mencobanya :)
1. Template > Edit HTML:
2. Temukan kode <head> (ada di jajaran atas)
3. Copy & Paste kode berikut ini tepat di bawah kode <head> atau di atas </head>

<script type="text/javascript">
var blog = document.location.hostname.split(".");
if (blog[blog.length - 1] != "com") {
var ncr = "http://" + blog[0] + ".blogspot.com/ncr";
window.location.replace(ncr + document.location.pathname);
}
</script>
4. lalu save :)

sumber : contohblognih.co.id dan  http://www.wisatadigarut.com

Related Posts:

0 Response to "Domain Blogspot.com berubah menjadi Blogspot.co.id"

Post a Comment