Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer Yang Tidak Sehat Dan Cara Mengatasinya

Pengguna Komputer memang sangat rentan dalam kesehatan karena memang banyak di habiskan hari-harinya dengan hanya duduk dan jarang bergerak entah itu lari-lari dan bahkan hampir ada yang 24 jam nonstop di depan komputer...  apakah itu hal yang baik? tentu tidak bagi kesehatan karena memang kita manusia bukan robot atau mesin yang 24 ham non stop tanpa henti tidak rusak.
oke saya akan bagikan tipsnya agar anda tetap sehat walau sering berpacaran (baca mainan) komputer..
hehe



1. Duduk Telalu Lama
banyak sekali pengguna komputer sering melakukan ini apalagi jika sedang asyik-asyiknya main game atau chattingan di sosial media.. namun ini tidak baik bagi kesehatan anda.

Menurut penelitian, orang yang terlalu lama duduk di depan komputer lebih beresiko terkena serangan jantung, diabetes, kanker usus, melemahnya fungsi otak, nyeri leher, dan nyeri tulang punggung.


Solusi :
Agar terhindar dari resiko tersebut pastikan kamu berdiri, melakukan streching, atau sekedar berjalan setiap 20 menit sekali.
Di sore/pagi hari kamu juga bisa jalan-jalan sore atau bersepeda selama 20 – 30 menit untuk menjaga kebugaran.

2. Lampu Redup
pemakaian lampu yang redup atau bahkan terbiasa bermain komputer dalam kondisi ruangan gelap bisa menyebabkan kelelahan mata dan pusing. Jika hal ini diteruskan maka bisa merusak kesehatan mata, bahkan membuat pandangan menjadi kabur.

Solusi :
Gunakanlah lampu yang mampu mengimbangi terangnya layar monitor kamu. Atur tingkat kecerahan lampu yang kamu pilih sehingga mata kamu nyaman saat bekerja di depan Komputer kamu.


3.  Terlalu Dekat dengan Monitor
Pengguna Laptop/komputer biasanya tanpa sadar melakukan hal semacam ini..
Melihat monitor dalam jarak terlalu dekat terlebih dalam waktu lama akan menyebabkan otot mata menjadi lelah. Semakin fokus dan dekat kamu melihat monitor, maka akan semakin keras otot mata bekerja. Jika diteruskan maka pandangan bisa menjadi kabur, pusing, bahkan muntah-muntah.

Solusi :
Pastikan jarak antara mata dengan layar monitor tidak kurang dari 70cm.

4. Malas Bersih-Bersih Komputer
 Agar anda sehat dan komputer sehat maka sebaiknya bersihkan komputer anda sehari sekali jangan sampai satu tahun sekali.. hehe


5. Duduk Dengan Postur yang buruk
Idealnya, duduk di depan komputer harus tegak dengan postur yang baik. Kaki menempel di lantai dengan posisi tegak 90 derajad. Monitor tepat berada di depan kita dengan keyboard diletakkan sejajar dengan lengan.

Sayangnya mayoritas pengguna komputer duduk dengan postur yang buruk. Memang terkesan lebih enak dan santai, tetapi sebenarnya ini tidak baik bagi kesehatan. Salah satu efek paling sering terjadi akibat kebiasaan ini adalah sindrom carpal tunnel yang untuk menyembuhkannya harus dilakukan operasi.


6. Memangku Laptop
Menggunakan laptop dengan cara dipangku cukup sering dilakukan sebagian orang. Tetapi tahukah kamu bahwa kebiasaan menggunakan laptop dengan cara dipangku bisa menyebabkan kemandulan, arthritis,bahkan juga kanker?

Panas yang dikeluarkan oleh laptop bisa mengurangi jumlah produksi sperma pria, belum lagi dipadukan dengan postur menekuk kaki dan membungkuk, resiko arthritis bakal meningkat.

Untuk itu jikalau tidak sangat terpaksa, hindari menggunakan laptop dengan cara dipangku. Letakkan laptop di meja kerja yang nyaman dan duduklah dengan postur yang baik. Jika kamu ingin lebih bersantai, gunakan meja kecil dan duduk bersimpuh atau dengan meluruskan kaki.


7. Begadang
menurut penelitian, begadang meningkatkan resiko terjadinya diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, serangan jantung, melemahnya kekebalan tubuh, sulit konsentrasi, hingga melemahnya fungsi otak.

Pada intinya begadang akan merusak metabolisme tubuh. Untuk itu CaraNia.com Menyarankan bagi kamu yang terbiasa begadang, mulailah memikirkan dampak kesehatan yang diakibatkan oleh kebiasaan tersebut.

Related Posts:

0 Response to "Kebiasaan Buruk Pengguna Komputer Yang Tidak Sehat Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment